Peluang
Usaha yang berhubungan dengan makanan dan minuman memang selalu memiliki
prospek yang sangat bagus. Oleh karena itu banyak orang yang lebih memilih
terjun menekuni usaha kuliner. Mengapa banyak orang terjun kebisnis minuman?
Saat ini usaha minuman semakin banyak berkembang dan tampil dengan menu yang fresh, dan unik. Berbagai menu minuman belakangan ini juga sangat digemari para pecinta kuliner, maka tak heran kini banyak usaha franchise minuman yang bermunculan. Hal ini dipengaruhi karena secara tidak langsung usaha minuman menjadi teman sejati usaha makanan yang selalu laris di kalangan masyarakat.
Saat ini usaha minuman semakin banyak berkembang dan tampil dengan menu yang fresh, dan unik. Berbagai menu minuman belakangan ini juga sangat digemari para pecinta kuliner, maka tak heran kini banyak usaha franchise minuman yang bermunculan. Hal ini dipengaruhi karena secara tidak langsung usaha minuman menjadi teman sejati usaha makanan yang selalu laris di kalangan masyarakat.
Konsumen
Seluruh masyarakat dapat dijadikan sebagai target pasar, karena tidak dapat dipungkiri bahwa minuman juga menjadi kebutuhan pokok manusia selain kebutuhan makan. Dari anak-anak, remaja hingga orang tua pun juga bisa dijadikan sebagai konsumen. Adanya kebutuhan tersebut menjadi peluang besar bagi para pelaku usaha minuman untuk meraih untung besar.
Seluruh masyarakat dapat dijadikan sebagai target pasar, karena tidak dapat dipungkiri bahwa minuman juga menjadi kebutuhan pokok manusia selain kebutuhan makan. Dari anak-anak, remaja hingga orang tua pun juga bisa dijadikan sebagai konsumen. Adanya kebutuhan tersebut menjadi peluang besar bagi para pelaku usaha minuman untuk meraih untung besar.
Untuk memulai usaha minuman, ada banyak pilihan menu yang dapat dicoba menjadi sebuah usaha. Dari mulai minuman dingin, hingga minuman hangat memiliki berbagai varian menu yang berpotensi memberikan untung besar.
Misalnya saja menu minuman hangat ataupun dingin/ice blend yang sedang happening saat ini diantaranya minuman cepat saji bubble drink mulai dari varian Chocolate, diantaranya Royal cokelat, Choco caramel, Magnum, Choco Oreo, Choco Tiramisu, Choco Taro, Choco Milk, Choco Matcha, Choco Strawberry, Choco Rasberry, Bubble gum, Creamy chocolate, Taro, Cappuccino Strong, coffee caramel, Mochacino, Vanilla, Vanilla blue, Vanilla latte, Caramello, Green tea. adapun rasa buah atau biasa disebut dengan milk shake yaitu dengan varian rasa Blueberry, Strawberry, Sirsak, Orange, Lchee, Melon, Mango, Durian, Guava, Grape, dll. Berbagai macam menu minuman biasa dijual dengan harga yang beragam pula, dari mulai harga yang paling murah seharga lima ribu rupiah hingga harga puluhan ribu rupiah untuk setiap menu yang ditawarkan.
Pemasaran
Untuk
membantu pemasaran usaha minuman, yang sering dilakukan para pelaku usaha yaitu
menggunakan spanduk atau banner untuk menarik para konsumen. Selain itu bagi
pelaku usaha minuman yang sudah besar, dapat mengembangkan pasarnya dengan cara
membuka kemitraan atau franchise untuk para investor yang tertarik
dengan usaha minumannya. Saat ini sudah banyak usaha minuman yang telah membuka
sistem franchise.
Kelebihan usaha minuman
Menjalankan
usaha minuman memiliki beberapa kelebihan, diantaranya yaitu mudahnya
menjalankan bisnis ini. Usaha minuman termasuk usaha yang tidak memerlukan
modal besar, dan tidak membutuhkan tempat usaha yang terlalu besar. Selain itu
untuk menjalankan usaha ini cukup menggunakan gerobak/booth, jadi
bisa memilih menjalankan usaha dengan berkeliling atau memilih menetap di suatu
tempat.
Kunci Sukses
Untuk memperoleh untung besar dari
usaha minuman masih sangat terbuka lebar. Ciptakan menu minuman baru yang belum
ada di pasaran, sehingga Anda memiliki keistimewaan tersendiri untuk menarik
minat para konsumen. Disamping itu pilih lokasi yang strategis untuk membuka
usaha minuman, sebaiknya pilih lokasi di depan pusat perbelanjaan, tempat ramai
seperti taman bermain, maupun di depan sekolah – kantin sekolah/kantin kampus
yang prospek pasarnya cukup bagus. Dan yang ketiga adalah ciptakan brand produk
minuman yang Anda jual AAdengan nama yang menarik, hal ini untuk mempromosikan
dan menanamkan image produk Anda kepada konsumen.